Jumat, 21 Januari 2011

SILSILAH PAGUYUBAN KELUARGA BESAR SANURIYAT

PAGUYUBAN KELUARGA BESAR ALMARHUM SANURIYAT


 

Historis


Paguyuban besar Sanuriyat berinduk di Kediaman Bapak Wahidin  Desa Totoharjo, Kecamatan Purpobolinggo Kabupaten Lampung Timur. Paguyuban ini didasarkan bahwa almarhum  Sanuriyat dan Biru telah beregenarisasi sampai ke anak, cucu, dan cicit. Keturunan almarhum Sanuriyat tersebar di berbagai tempat antara lain di Jawa dan Lampung Timur . Keturunan almarhum Sanuriyat yang berdomisili di Lampung jumlahnya cukup banyak. Sampai denan saat ini hanya generasi pertama dan kedua saja yang masih saling mengnal, sedangkan generasi ketiga dan seterusnya sudah tidak saling mengenal.

Atas dasar di atas, generasi pertama dan kedua almarhum Sanuriyat memiliki gagasan agar keluarga besar tersebut bersatu dan ditempatkan ke dalam satu wadah agar di antara mereka saling mengenal, saling bersilahturahmi dan tidak saling cerai berai. Apalagi, generasi pertama dan kedua almarhum Sanuriyat sebagian telah tiada. Mumpung generasi pertama sebagian besar masih sugeng, masih bias bercerita, perlu ada perkumpulan agar  tidak kepaten obor. Dari perbincangan tersebut,  akhirnya dilanjutkan dengan kegiatan kumpul bersama.

Perkumpulan pertama dilaksanakan di rumah Bapak Wahidin dan dalam acara tersebut hanya di hadiri beberapa tokoh generasi pertama, kedua, dan ketiga. Agenda acara tersebut dipromotori oleh generasi pertama, yaitu Bapak Marsidi. Perkumpulan pertama dilaksanakan di kediaman Bapak Wahidin pada tanggal 18 Oktober 2009.. Rapat pertama menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:
1.      nama perkumpulan;
2.      kepengurusan;
3.      visi, misi, dan tujuan paguyuban;
4.      perekrutan anggota;
5.      sarana pengikat;
6.      kegiatan-kegiatan.

Nama

 Sesuai dengan tujuan utamanya, perkumpulan ini diberi nama “Paguyuban Keluarga Besar Sanuriyat”

Visi

Dalam jangka panjang perkumpulan ini dapat menyatupadakukan, mengaryakan, mensejahterakan keluarga besar Sanuriyat yang berdomisili di Lampung sehingga bisa dijadikan panutan atau teladan bagi warga atau masyarakat lainnya.

Misi

Misi paguyuban ini antara lain:
1.      mengadakan pertemuan rutin setiap satu tahun satu kali.
2.      membentuk dan mengembangkan sarana pengikat (koperasi) untuk kesejahteraan anggota (bagi yang mampu); 
3.      menjalin kerja sama, saling membantu, dan   bekerja amar makruf nahi munkar’
4.      mengembangkan suatu usaha atau karya sesuai dengan perkembangan iptek.

Tujuan

Tujuan utama didirikan perkumpulan ini adalah sebagai berikut.
1.      terjalinnya hubungan yang harmonis antarkeluarga besar almarhum Sanuriyat yang ada di Lampung;
2.      terciptanya silsilah keluarga besar almarhum Sanuriyat dari generasi ke generasi;
3.      tertampungnya berbagai aspirasi antaranggota  yang bermanfaat bagi kehidupan;
4.      berkembangnya suatu usaha melalui kegiatan simpan pinjam, penyewaan alat, pengembangan keterampilan, dan sebagainya;
5.      tertanggulanginya berbagai permasalahan dalam kehidupan berumah tangga;
6.      meningkatnya kesejahteraan anggota paguyuban;

Anggota Paguyuban

Pada pertemuan pertama bulan Desember 1996 jumlah anggota terdiri atas 10 anggota keluarga yang sebagian besar bertempat di RT02, RW 03, Dusun Tanjungharapan, Rajabasa. Diharapkan setiap tahunnya ada penambahan anggota dengan berbagai kriteria antara lain domisili, alasan menjadi anggota, dan diputuskan di dalam rapat.

Sarana Pengikat

Sarana pengikat dalam paguyuban ini adalah dengan mengadakan kegiatan simpan-pinjam. Pada awal pertemuan, anggota diwajibkan membayar simpanan pokok sebesar ………………dan simpanan wajib………….(bagi yang mampu). Selain itu, ada iuran bantuan dan simpanan sukarela.

Kegiatan-kegiatan

1.      mengadakan pertemuan rutin setiap tahun secara bergiliran;
2.      membantu kegiatan anggota yang akan memiliki hajat dan saling mengunjungi;
3.      membantu anggota paguyuban yang tertimpa musibah;

Kepengurusan

Kepengurusan perkumpulan ini sangat sederhara, yaitu terdiri atas penasihat,  ketua, wakil ketua, sekretaris sekaligus merangkap bendahara, seksi-seksi dan para anggota paguyuban. Atas kesepakatan rapat, ditunjuk ketua perkumpulan ………………. dan Sekretaris/bendahara Bapak . Masa kerja pengurus adalah…………………………..

SILAHKAN DONWLOAD 
http://www.ziddu.com/download/13487663/SILSILAH.rar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar